Hubungan endokrin dengan obesitas

Kuliah Hubungan Obesitas Dengan Sindroma Metabolik

Penelitian pada tikus percobaan, leptin menghambat fosforilasi insulin receptor substrate-1 IRS yang akibatnya menghambat ambilan glukosa. The incidence of obesity in Central Java which was Ada kemungkinan bahwa suatu hari nanti terapi leptin dapat membantu pelaku diet dalam menjaga berat badan mereka untuk jangka panjang, tetapi hal ini masih diteliti.

Obesitas dan Hormon Seks Distribusi lemak tubuh berperan penting dalam pengembangan kondisi yang terkait obesitas seperti penyakit jantungstroke, dan beberapa jenis arthritis. Oleh karena itu, beberapa upaya telah diusahakan untuk tetap berusaha menurunkan berat badan penderita diabetes melitus tipe 2 gemuk, antara lain adalah dengan penambahan obat anti obesitas seperti orlistat dan sibutramin.

Obesitas dan Faktor Inflamasi Obesitas juga memiliki hubungan dengan inflamasi peradangan kronis tingkat rendah di dalam jaringan lemak. Obesitas perlu dibedakan antara obesitas sentral atau visceral dan obesitas perifer.

Hubungan Kadar Hormon dan Obesitas

Pengaktifan reseptor insulin memicu serangkaian respon intrasel yang mempengaruhi jalur metabolisme sehingga terjadi translokasi unit transpor glukosa ke membran sel yang memudahkan penyerapan glukosa.

Berbagai laporan terkini mengindikasikan bahwa prevelensi obesitas di seluruh dunia baik di negara yang berkembang maupun negara yang sedang berkembang telah meningkat dalam jumlah yang mengkhawatirkan. Apalagi hapir setiap hari harus lunch dan dinner dengan para mitranya, makanan yang dimakan adalah makanan barat yang aduhai.

Leptin, tumor necrosis factor-Alfa TNF-Alfainterleukin-6 IL-6dan resistin bekerja meningkatkan resistesi insulin, sebaliknya adiponektin bekerja meningkatkan sensitivitas insulin. Diduga kerja TNF-Alfa lebih bersifat parakrin daripada endokrin, atau dengan perantaraan faktor lain, misalnya asam lemak bebas, karena TNF-Alfa memacu lipolisis.

Gaya hidup tentu berperan dalam hal ini terutama obesitas dan stress. Kadar hormon yang meningkat atau menurun dapat menyebabkan obesitas, dan juga sebaliknya obesitas juga dapat menyebabkan perubahan hormon.

Jaringan lemak mempunyai dua fungsi yaitu sebagai tempat penyimpanan lemak dalam bentuk trigliserid, dan sebagai organ endokrin. Semakin besar indeks massa tubuh IMT semakin besar risiko menderita diabetes melitus tipe 2.

Peran IL-6 pada resistensi insulin diduga melalui perlemakan adipositysecara tidak langsung berhubungan dengan kerja insulin.

Interleukin-6 Sebagai protein proinflamasi yang disekresikan oleh jaringan adiposa, IL-6 juga meningkat dengan meningkatnya berat badan. J Clin Endocrinol Metab ; Turunnya berat badan.

Obesitas dan Hormon Sebagai Faktor Risiko Penyakit Obesitas dikaitkan dengan peningkatan risiko sejumlah penyakit, seperti penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker, dan menurunkan kualitas dan usia hidup.

Karena leptin diproduksi oleh lemak, kadar leptin pada orang yang obesitas cenderung lebih tinggi daripada orang yang memiliki barat badan normal. Motilitas saluran pencernaan dan sekresi menurun serta urin ditahan Olson J, Pada saat ini telah dipasarkan obat kombinasi dalam satu tablet seperti Glucovance metformin-glibenklamid dan Avandamet metformin — rosiglitazon.

194 HUBUNGAN OBESITAS DENGAN SIKLUS MENSTRUASI PADA

Dengan efeknya yang mempengaruhi pusat-pusat tertentu pada otak, hormon leptin dapat menurunkan nafsu makan seseorang. The hormone resistin links obesity to diabetes.HASIL DAN PEMBAHASAN Tabel Distribusi frekuensi obesitas n=29 % Obesitas ringan 0 0 Obesitas sedang 19 Obesitas berat 10 Berdasarkan tabel diperoleh data yaitu mayoritas WUS dengan obesitas sedang (%).

0 Votos positivos, marcar como útil. 0 Votos negativos, marcar como no útil. Kuliah Hubungan Obesitas Dengan Sindroma Metabolik. Obesitas juga memiliki hubungan dengan inflamasi (peradangan) kronis tingkat rendah di dalam jaringan lemak.

Berlebihnya simpanan lemak dapat menyebabkan stres reaksi pada sel-sel lemak, yang pada gilirannya akan menyebabkan pelepasan faktor pro-inflamasi dari sel-sel lemak itu sendiri dan sel-sel imun dalam jaringan lemak.

Prevalensi obesitas dan diabetes melitus tipe 2 meningkat dengan pesat di seluruh dunia.

Sekitar 60% dari mereka yang obes menderita diabetes melitus tipe 2. · PENDAHULUAN Prevalensi obesitas dan diabetes melitus tipe 2 meningkat dengan pesat di seluruh dunia.

Sekitar 60% dari mereka yang obes menderita diabetes melitus tipe 2. Obesitas memiliki peran yang kurang baik dalam hal ini yaitu meningkatkan resistensi insulin oleh tubuh, sehingga glukosa yang ada di dalam darah tidak mampu di metabolisme dengan baik oleh sel dan akhirnya terjadi peningkatan glukosa dalam darah, memang resistensi insulin berkaitan dengan obesitas (Brunner and Suddarth, ).Author: Udien Martapura.

Hubungan endokrin dengan obesitas
Rated 3/5 based on 90 review