Diet tanpa karbohidrat dalam biokimia

Glukosa dijumpai di dalam aliran darah disebut Kadar Gula Darah dan berfungsi sebagai penyedia enersi bagi seluruh sel-sel dan jaringan tubuh. Enzim itu sendiri akan mengalami fosforilasi dan gugus fosfo akan mengambil bagian di dalam reaksi reversible yang intermediatnya adalah glukosa 1,6-bifosfat.

Penurunan transkripsi tersebut menyebabkan terjadinya penurunan laju sintesis enzim ini. Melihat struktur molekulnya, karbohidrat lebih tepat didefinisikan sebagai suatu polihidroksialdehid atau polihidroksiketon.

Glikosaminoglikan merupakan karbohidrat kompleks. Sebagai contoh; fosfolipid dapat dipisahkan dari sterol dan lemak netral atas dasar ketidaklarutannya di dalam aseton. Maltosa Maltosa terbuntuk dalam setiap pemecahan pati, seperti yang terjadi pada tumbuh-tumbuhan berkecambah, sedangkan didalam usus manusia terjadi pada saat pencernaan pati.

Bagaimana fungsi dan peran karbohidrat dalam kehidupan? Konsekuensi lain dari hal ini adalah, tubuh kekurangan air. Glukosa disebut juga dekstrosa, banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayuran. Polisakarida ini lebih sukar diuraikan dan mempunyai sifat-sifat sebagai berikut: Karbohidrat memegang peranan penting dalam sistem biologi khususnya dalam respirasi.

Sumber energi utama dan dapat diganti dengan sumber energi yang lain pada beberapa organ tubuh manusia, yaitu otak, lensa mata dan sel saraf.

Berbeda dengan penderita diabetes tipe I, pada penderita diabetes tipe II, ketoasidosis tidak terjadi karena penguraian lemak lipolisis tetap terkontrol. Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar tubuh makhluk hidup. Perbedaannya hanya terletak pada cara penyusunan atom-atom hidrogen dan oksigen di sekitar atom-atom karbon.

Penderita diabetes tipe I juga mengalami hipertrigliseridemia, yaitu kadsar trigliserida dan VLDL dalam darah yang tinggi. Sedangkan karbohidrat yang dapat dihidrolisis menjadi banyak molekul monosakarida dinamakan polisakarida.

Makalah Biokimia Karbohidrat

Monosakarida bisa diklasifikasikan lebih jauh, jika mengandung grup aldehid maka disebut aldosa, jika mengandung grup keton maka disebut ketosa. Untuk menghindari pengendapan cuco3 pada larutan natrium karbonat reagen Benedictmaka ditambahkan asam sitrat.

CMC carboxymethil cellulose merupakan salah satu contoh turunan selulosa yang digunakan pada pembuatan 15 es krim untuk memperbaiki tekstur dan kristal laktosa sehingga lebih halus.

Karbohidrat setelah dicerna di usus, akan diserap oleh dinding usus halus dalam bentuk monosakarida Monosakarida dibawa oleh aliran darah sebagian besar menuju hati, dan sebagian lainnya dibawa ke sel jaringan tertentu, dan mengalami proses metabolisme lebih lanjut.

Penamaan kimianya selalu berakhiran -osa Murray,dkk, Beberapa zat yang termasuk golongan karbohidrat adalah gula, dekstrin, pati, selulosa, hemiselulosa, pektin, gum dan beberapa karbohidrat yang lain. Di dalam hati, monosakarida mengalami proses sintesis menghasilkan glikogen, dioksidasi menjadi CO2 dan H2O, atau dilepaskan untuk dibawa oleh aliran darah ke bagian tubuh yang memerlukan.

Asetat khususnya asetil koenzim-A dapat diolah lebih lanjut dalam suatu proses siklis yang disebut lingkaran trikarboksilat. PEP karboksikinase pada tikus terdapat di sitoplasma. Contoh ketosa yang penting adalah fruktosa, yang banyak ditemui pada buah dan berkombinasi dengan glukosa pada sukrosa disakarida Morrison: Jakarta; UI Press Nayra.Karbohidrat adalah senyawa organik dengan rumus umum C''m''(H 2 O) n'''', yaitu, hanya terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen, dua terakhir dalam rasio atom Karbohidrat dapat dilihat sebagai hidrat karbon, maka nama robadarocker.com: Multimediadua.

Karbohidrat dalam golongan ini merupakan karbohidrat yang paling sederhana (glukosa) karena terdiri atas atom C dan tidak bisa lagi dihidrolisa. Monosakarida biasanya mudah larut dalam air dan umumnya terasa manis sehingga secara umum disebut juga sebagai gula.

Penamaannya juga berakhiran –osa. Jalur-jalur metabolisme penting mencakup metabolisme karbohidrat, metabolisme lemak, metabolisme protein dan metabolisme asam nukleat.

Khusus untuk metabolisme karbohidrat berperan penting dalam reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh yang fungsi utamanya untuk menghasilkan sumber robadarocker.com: Arsyad_Moon.

Namun jika kita mengambil terlalu banyak karbohidrat ringkas, gula darah akan meningkat secara mendadak dalam tempoh yang singkat; jika karbohidrat ringkas terus merangkumi sebahagian besar daripada diet harian, masalah gula darah tinggi akan berkekalan. Dalam hal ini, glikogen akan diuraikan menjadi glukosa yang selanjutnya mengalami katabolisme menghasilkan energi (dalam bentuk energi kimia, ATP).

Faktor yang penting dalam kelancaran kerja tubuh adalah kadar glukosa dalam darah. Kadar glukosa di bawah 70 mg/ ml disebut hipoglisemia. BAB I PENDAHULUAN. A. latar belakang Secara biokimia karbohidrat adalah polihidroksil-aldehida atau polihidroksil-keton, atau senyawa yang menghasilkan senyawa-senyawa ini bila dihidrolisis.

Diet tanpa karbohidrat dalam biokimia
Rated 4/5 based on 79 review